Terbaru

Ini Drone yang Ditawarkan Zuckerberg ke Wapres JK

Guna menghubungkan internet ke seluruh pelosok Indonesia | PT Rifan Financindo Berjangka

PT Rifan Financindo Berjangka


Dalam pertemuan yang digelar di Lima Convention Center (LCC) itu, Mark menawarkan bantuan kepada Indonesia untuk menghubungkan internet ke seluruh pelosok menggunakan drone yang bernama Aquila.

Facebook sendiri membuka ruangan khusus di salah satu pojok LCC yang jadi tempat berlangsungnya APEC Summit 2016. Banyak teknologi terkini Facebook yang dipajang di tempat tersebut.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) berada di Lima, Peru, untuk menghadiri serangkaian acara APEC Summit 2016. Setelah menghadiri APEC Business Advisory Council, JK berdialog informal dengan pendiri Facebook, Mark Zuckerberg

Tak hanya kepada JK, Mark juga mempresentasikan drone ini kepada para kepala negara yang hadir di pertemuan tersebut, seperti Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Amerika Serikat Barack Obama, PM Malaysia Najib Razak, Sultan Brunei Darrusalam Hassanal Bolkiah, Presiden China Xi Jinping, Presiden Filipina Rodrigo Roa Duterte, dan beberapa kepala negara lain.

Di sela-sela acara APEC Summit, wartawan sempat mendatangi booth Facebook dan diberi penjelasan oleh salah satu staf Facebook yang bernama Alan.

"Setiap satu drone bisa meng-cover area kurang lebih 60 km ketika mengudara. Nanti drone-drone ini akan saling terhubung oleh laser yang presisi sehingga diharapkan bisa memberikan cakupan yang sangat luas," kata Alan.

Menurutnya, drone ini masih dalam tahap pengembangan dan akan siap dalam beberapa tahun ke depan. Belum ada target berapa drone yang akan diterbangkan setelah beroperasi nanti.

Drone tersebut sangat ringan karena terbuat dari karbon fiber. Salah satu pengunjung mencoba mengangkat salah satu baling-baling drone tersebut tanpa harus kesulitan, sangat ringan.

Bagian asli dari pesawat tanpa awak yang dipamerkan di APEC 2016 hanya bagian baling-balingnya saja. Namun ada dummy Aquila yang dipasang di langit-langit ruangan. 

Aquila memiliki bentang sayap lebih lebar dari Boeing 737 dan bertenaga matahari sehingga mengudara terus tanpa harus mendarat mengisi daya. "Tapi sesekali harus mendarat juga untuk perawatan dan perbaikan," kata Alan.

Mark Zuckerberg Tawari Indonesia Pesawat Khusus, Apa Itu? | PT Rifan Financindo Berjangka

PT Rifan Financindo Berjangka


Tawaran itu dikemukakan Zuckerberg saat menghadiri APEC Summit 2016 yang digelar di Lima Convention Center (LCC), Lima, Peru, khususnya kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Selain kepada JK, Zuckerberg juga mempresentasikan drone tersebut ke negara-negara peserta APEC lainnya. 

Menyadari Indonesia menempati peringkat 4 pengguna Facebook terbesar setelah Amerika, Mark Zuckerberg menawarkan bantuan kepada Indonesia untuk menghubungkan internet ke seluruh pelosok daerah. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan drone khusus dari Zuckerberg yang diberi nama Aquila. 

Facebook sendiri membuka ruangan khusus tentang teknologi terbaru Facebook di salah satu pojok LCC. Drone Aquila masih dalam tahap pengembangan dan akan siap dalam beberapa tahun ke depan. Belum ada target berapa drone yang akan diterbangkan setelah beroperasi nantinya. 


Aquila berbobot sangat ringan karena terbuat dari karbon fiber, serta memiliki bentang sayap lebih lebar dari Boeing 737 dan bertenaga matahari sehingga mengudara terus tanpa harus mendarat mengisi daya. (wk/dn)

Facebook sendiri membuka ruangan khusus tentang teknologi terbaru Facebook di salah satu pojok LCC. Drone Aquila masih dalam tahap pengembangan dan akan siap dalam beberapa tahun ke depan. Belum ada target berapa drone yang akan diterbangkan setelah beroperasi nantinya. 

Progam Konektivitas ala Facebook di Indonesia | PT Rifan Financindo Berjangka

PT Rifan Financindo Berjangka


Media sosial berjaringan global Facebook menawarkan program konektivitas di daerah terpencil di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) di Lima, Peru, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Pemerintah pun, menurut Kalla, bisa membantu memfasilitasi program yang akan dikembangkan oleh Facebook tersebut.

"Kebetulan dalam pertemuan tadi Mark (CEO Facebook Mark Zuckerberg) mencontohkan Indonesia dalam konektivitas dengan menggunakan 'drone'," kata Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) seusai pertemuan dengan bos Facebook itu, yang diikuti sejumlah pemimpin ekonomi APEC.

"Salah satu (kelebihan) online tentang informasi dan pasar serta produk. Bagaimana kita bisa bicarakan (hal itu) tanpa konektivitas?" ujarnya.

Apalagi, menurut Wapres, APEC tahun ini menekankan pada kesetaraan pertumbuhan ekonomi di kawasan.

Selain mempermudah hubungan antardaerah terpencil dan antar-kawasan, program yang ditawarkan Facebook tersebut bisa membantu peningkatan usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM).

Ia menilai program konektivitas yang dikembangkan Facebook bisa memadukan pembangunan perekonomian secara keseluruhan.

Pada KTT APEC tahun ini Presiden Peru Pedro Pablo Kuczynski menyerahkan keketuaannya kepada Presiden Republik Sosialis Vietnam Tran Dai Quang

KTT APEC di Peru dihadiri 21 pemimpin ekonomi di negaranya masing-masing, termasuk Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan Presiden China Xi Jin-ping.