Terbaru

Tinggalkan Xiaomi, Hugo Barra Ternyata Pindah ke Facebook

Tugas Hugo Barra mengembangkan teknologi virtual reality di Facebook | PT Rifan Financindo Berjangka

PT Rifan Financindo Berjangka

Belum sampai sepekan sejak Hugo Barra mengumumkan pengunduran dirinya dari Xiaomi. Kini kabar terbaru menyebutkan bahwa pria asal Brasil itu sudah dipinang oleh Facebook.

Kamis (26/1/2017), kabar mengenai perpindahan Barra ke Facebook disebutkan langsung oleh orang nomor satu media sosial tersebut, Mark Zuckerberg.

Di Facebook, Barra yang sebelumnya menjabat sebagai Vice President Global Xiaomi, akan diberi tugas mengembangkan teknologi virtual reality (VR) dan augmented reality (AR)

“Saya sangat bahagia dengan keputusan Hugo Barra untuk bergabung ke Facebook dan memimpin seluruh pengembangan teknologi VR, termasuk tim Oculus,” ujar Zuckerberg melalui akun Facebook resminya, Kamis siang.

Lebih lanjut, Zuckerberg menceritakan bahwa dia sudah lama mengenal Barra. Tepatnya sejak Barra mulai membantu pengembangan sistem operasi Android, hingga pada masa-masa Barra turut membesarkan Xiaomi.

Barra juga turut mengabarkan bakal bergabungnya ia ke Facebook lewat sebuah kicauan di Twitter tak jauh berselang dari postingan Zuckerberg. 

Sebelumnya, Senin (23/1/2017), melalui akun Facebook pribadinya, Barra mengumumkan keputusannya mengundurkan diri dari Xiaomi. Dia menyebutkan bahwa salah satu alasan pengunduran diri tersebut adalah kerinduannya akan keluarga di Amerika Serikat.

Bos Facebook itu berpendapat bahwa Barra merupakan orang yang memiliki kecocokan visi dengannya. Terutama soal teknologi VR dan AR yang bakal membawa perubahan besar di masa depan.

“Hugo akan membantu kami membangun masa depan itu dan saya sangat berharap dia ikut serta dalam tim kami,” pungkas Zuckerberg.

Keluar dari Xiaomi, Hugo Barra 'Berlabuh' ke Facebook | PT Rifan Financindo Berjangka

PT Rifan Financindo Berjangka

Mantan VP Internasional Xiaomi, Hugo Barra, mengumumkan kepergiannya dari Xiaomi pada awal pekan ini untuk kembali ke Silicon Valley. Untuk sekelas Hugo Barra, tak sulit memang untuk mendapatkan pekerjaan baru, buktinya ia dengan cepat mendapatkan pelabuhan baru untuk kariernya.

Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, membuat pengumuman mengejutkan belum lama ini di posting-an Facebook miliknya. Bagaimana tidak, Bos Facebook itu mengumumkan bahwa pentolan Xiaomi Hugo Barra bakal bergabung dengan Facebook.

Tak hanya membagikan informasi bergabungnya Hugo di tubuh Facebook, suami Priscilla Chan ini juga membagikan kisah rekam jejak Hugo Barra di Google dan Xiaomi dalam posting-annya.

"Hugo membagikan saya keyakinan bahwa virtual dan augmented reality akan menjadi platform komputasi besar berikutnya. Mereka memungkinkan kita untuk mengalami hal yang baru dan lebih kreatif dari sebelumnya. Hugo akan membantu membangun masa depan itu, dan saya melihat ke depannya untuk memiliki dia di tim kami," tambahnya.

"Saya tahu Hugo untuk waktu yang lama, mulai saat ia membantu mengembangkan sistem operasi Android, untuk beberapa tahun terakhir ia bekerja di Xiaomi di Beijing membawa perangkat inovatif untuk jutaan orang," kata Zuckerberg.

Disitat dari laman Cnet, Kamis (26/1/2017), Hugo didapuk menjadi bos baru tim VR Facebook. Hal ini diumumkan bos Facebook dalam laman Facebook-nya. 

"Saya gembira bahwa Hugo Barra bergabung dengan Facebook untuk memimpin semua upaya virtual reality (VR) kami, termasuk tim Oculus kami. Hugo di China sekarang, jadi di sini kita bersama-sama di VR. Tampaknya pas," bunyi posting-an pria beranak satu itu.

Menanggapi posting-an Facebook Mark, Hugo pun menuturkan rasa gembira dan ketertarikannya untuk segera bergabung dengan tim. "Terima kasih, Mark! Saya tidak bisa menunggu untuk memulai membangun masa depan dan bergabung dengan tim segera," balasnya.

Hengkang dari Xiaomi, Hugo Barra Putuskan Gabung FB Bersama Mark Zuckerberg! | PT Rifan Financindo Berjangka

PT Rifan Financindo Berjangka

Seperti pada kabar yang beredar sebelumnya, keputusan Hugo Barra untuk keluar dari Xiaomi telah di umumkannya sendiri. Bahkan melalui jejaring sosial Facebook, dirinya menulis gambaran situasi hatinya saat itu yang harus meninggalkan Xiaomi.

Ia juga tak memberikan informasi mengenai rencana selanjutnya setelah meninggalkan perusahaan tersebut. Ia hanya menyebut akan beristirahat terlebih dulu sebelum memulai petualangan baru di Silicon Valley. Alasan yang melandas di paparkannya mengenai kampung halamannya, Silicon Valley yang dirindukannya dengan teman, sahabat juga keluarganya.

“Perjalanan ini begitu spektakuler dalam segala hal, dan saya bangga dapat mengatakan bahwa Xiaomi Global merupakan bayi pertama yang saya bantu kelahirannya di dunia,” tutur pria asal Brazil tersebut.

Meski alasan yang diberikan sudah cukup jelas, akan tetapi hal itu masih menjadi teka-teki. Tapi kali ini, semua rasa penasaran itu akan terjawab dengan berita terbarunya. Rupanya ada pelabuhan baru yang bakal di sambangi Hugo Barra, Melalui unggahan terbaru di akun Facebooknya, Mark Zuckerberg mengumumkan Barra ternyata akan bergabung ke raksasa media sosial tersebut.

Namun, selain itu kabar juga menyebutkan bahwa kondisi kesehatan Hugo Barra sendiri tengah menurun. Ia mengatakan akan rehat sejenak sebelum kembali memulai petualangan baru di pusat teknologi Amerika Serikat tersebut.

Artinya, Hugo Barra bakal menjadi salah satu mitra kerja Mark pada Facebook. Menurut Zuckerberg, Barra memiliki kepercayaan yang sama dengannya dalam hal augmented dan virtual reality. Keduanya percaya bahwa kedua sistem itu akan menjadi platform komputasi besar di masa depan.

Menariknya, unggahan bos Facebook tersebut langsung di respin oleh Barra. Selain mengungkapkan rasa senang atas kepindahan tersebut, ia juga menyebut telah belajar dari CEO Xiaomi Lei Jun mengenai terobosan dalam industri teknologi.

Berdasarkan informasi yang disertakan, mantan Vice President Xiaomi itu akan memimpin lini virtual reality (VR) dari Facebook termasuk tim Oculus. Namun, sesuai dengan pesan Barra saat pergi dari Xiaomi, ia masih berada di Tiongkok untuk saat ini.