Terbaru

IKEA Indonesia Sediakan Lapak untuk Perajin Lokal

IKEA juga memberi pelatihan dasar  bagi UKM | PT Rifan Financindo Berjangka 

PT Rifan Financindo Berjangka

IKEA Indonesia bekerja sama dengan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) melalui penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU).

Selain menyediakan lapak bagi UKM, IKEA juga memberi pelatihan dasar.

Pelatihan ini, kata Mark, bertujuan untuk memberikan pengetahuan bagi para UKM terkait dunia ritel, misalnya menentukan harga, pemasaran, dan memajang produk.

Bentuk kerja sama ini adalah IKEA memberikan ruang bagi sejumlah pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) binaan YDBA. Tempat khusus yang disediakan IKEA ini dinamakan Teras Indonesia.

"Intinya begini, produk UKM binaan bisa dipamerkan dan dijual di situ (Teras Indonesia)," ujar General Manager IKEA Indonesia, Mark Magee, di IKEA, Alam Sutera, Tangerang, Senin (30/1/2017).

Sepanjang 2017, Teras Indonesia akan digunakan untuk melakukan kegiatan pameran ataupun berjualan pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu pertama setiap bulannya.

"Kami mengajak masyarakat dengan bangga membeli produk buatan Indonesia yang terbukti memiliki kualitas baik serta ramah lingkungan dengan harga terjangkau," imbuh Mark.

Produk yang ditampilkan peserta pameran akan mengikuti tema toko IKEA setiap bulannya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pengurus YDBA Henry Widjaja mengatakan telah mempersiapkan calon-calon pengusaha yang akan mengisi Teras Indonesia.

"Kami akan suplai keahlian manufacturing-nya. Insya Allah mereka bisa mengikuti standar IKEA," kata Henry.

Menurut dia, ada 30 UKM yang telah ditunjuk oleh YDBA. Namun, pada praktiknya nanti, Henry mengaku menyerahkan kepada IKEA jika ingin menyeleksi kembali atau mengatur giliran di Teras Indonesia.

Rotan Sampai Boneka, Ini Produk Rumah dari Indonesia yang Mendunia | PT Rifan Financindo Berjangka 

PT Rifan Financindo Berjangka

Indonesia sudah menjadi pemasok raksasa perabotan rumah asal Swedia itu sejak 20 tahun silam. Sampai saat ini, sudah ada 11 produsen yang karya-karyanya diekspor ke hampir 389 toko IKEA di 48 negara. Tercatat 8 persen dari total produk IKEA di seluruh penjuru dunia adalah buatan tangan-tangan Indonesia. 

Jauh sebelum membuka toko pertamanya di Indonesia pada Oktober 2014 silam, IKEA sudah memasarkan produk Tanah Air ke seluruh penjuru dunia. Sebuah pencapaian yang membuktikan bahwa produk dalam negeri juga mampu bersaing di pasar dunia. 

Diungkapkan General Manager IKEA Indonesia Mark Magee, Indonesia terkenal dengan bahan-bahan berserat alami, seperti rotan dan tekstil. Karena itu, Indonesia menjadi penyumbang terbesar produk-produk yang terbuat dari bahan tersebut. Adapun rancangan merupakan tanggung jawab tim desain IKEA pusat. 

"Hampir semua produk soft toys di IKEA datang dari Indonesia. Setelah itu ada gorden dan kursi taman yang terbuat dari rotan," ungkap Mark di IKEA Alam Sutera, Tangerang Selatan, Senin (30/1/2017). Selain itu ada pula papan tulis, meja anak, rak kayu untuk kamar mandi. 

Salah satu produk Indonesia yang mendominasi pasar IKEA adalah mainan anak, termasuk soft toy dengan desain buatan Naurazka Salsabila, usia 9 tahun, pemenang IKEA Drawing Competition 2015 silam. 

Produk tersebut, lanjut Mark, cukup mendapat respons positif dari pasar dunia terbukti dari volume ekspornya yang masih terjaga. Namun ia tidak dapat mengungkapkan data pasti tren produk Indonesia yang diekspor.

Di samping itu, produsen juga harus menjalankan usaha yang beretika. Misal mereka tidak boleh memperkerjakan anak di bawah umur dan membayar pekerja sesuai upah minimum regional (UMR). 

Untuk menjadi pemasok produk IKEA, para produsen, termasuk di Indonesia, harus memenuhi beberapa kriteria. "Tentunya mereka harus punya pemahaman yang sama dengan kami, mulai dari kualitas, harga, volume, dan ketersediaan barang," kata Mark. 

IKEA Dorong Produk Indonesia ke Pasar Global | PT Rifan Financindo Berjangka 

PT Rifan Financindo Berjangka

Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Srie Agustina yang hadir turut menyaksikan penandatangan nota kesepahaman IKEA – YDBA di IKEA Alam Sutera mengapresiasi peran jaringan ritel global yang mempermudah pengembangan ekspor produk Indonesia. 

“Kalau produk Indonesia masuk ke satu gerai (IKEA) saja, maka di seluruh gerai di dunia juga akan masuk,” kata  Srie

General Manager IKEA Indonesia, Mark Magee mengatakan Indonesia telah menjadi pemasok produk perabot rumah bagi jaringan IKEA selama lebih dari 20 tahun.  Menurutnya, banyak produk buatan Indonesia yang didesain dengan standar kualitas IKEA Swedia dan dijual di toko-toko IKEA di seluruh dunia. 

Jaringan peritel modern asal Swedia, IKEA, mendorong pelaku UKM menjadi produsen kelas dunia dan memanfaatkan toko-tokonya untuk bisa menembus pasar global. 

Guna mendorong dan memperkenalkan produksi lokal, IKEA bekerjasama dengan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA), lembaga nirlaba milik Astra International.  IKEA akan menyediakan “Teras Indonesia”, tempat khusus bagi sejumlah UKM binaan YDBA untuk berpameran ataupun berjualan pada Jumat-Minggu pertama setiap bulan. 

Dengan adanya kerja sama tersebut, IKEA diharapkan menularkan ilmu dan pengalamannya kepada UKM binaan YDBA agar dapat naik kelas menjadi produsen kelas dunia. IKEA juga mendorong minat masyarakat terhadap produk buatan Indonesia.