Terbaru

Rights Issue GREN Untuk Danai Bisnis Baru

Evergreen akan melepas 200 miliar saham baru | PT Rifan Financindo Berjangka 

PT Rifan Financindo Berjangka


Direktur Utama Evergreen,Handy Suryanto menyatakan, perusahaan akan melepas sebanyak-banyaknya 200 miliar saham baru dan memproyeksi dana grossyang akan diperoleh dari aksi korporasi ini sebesar Rp40 triliun. Rencana itu telah direstui dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Selain itu, Handy juga mengungkapkan kemungkinan perusahaan untuk beralih ke bisnis properti. Secara terpisah, Komisaris Utama Evergreen, Franklin William Kayhatu mengatakan, perusahaan juga akan merambah bisnis peternakan.Sebelumnya Evergreen bergerak dalam bisnis tekstil. Namun, bisnis tersebut telah diberhentikan sementara sejak April lalu. Kendati sudah diberhentikan, perusahaan belum memiliki rencana untuk menjual bisnis tekstil.

Rencana PT Evergreen Invesco Tbk (GREN) untuk menerbitkan saham baru melalui skema Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issuesebesar Rp40 triliun ternyata salah satunya bertujuan untuk merambah lini bisnis baru.

Dana yang diperoleh dari aksi korporasi ini untuk utamanya untuk pembelian aset dan melunasi utang perusahaan. Namun, dirinyaenggan menyebutkan aset yang akan dibelinya secara lebih detil, yang pasti salah satunya adalah aset pergudangan.”Iya disetujui semua, nanti untuk melunasi utang, setelahnya perusahaan melakukan pembelian aset. Aset belum ditentukan, itu nanti. Pergudangan salah satunya,” ujar Handydi Jakarta, kemarin

Furnitur dan Buah Jatim Berpeluang Penuhi Pasar Rusia | PT Rifan Financindo Berjangka 

PT Rifan Financindo Berjangka


Duta Besar Indonesia untuk Rusia Wahid Supriyadi melihat produksi dua komoditas tersebut di Jawa Timur cukup besar. Di sisi lain, hingga saat ini impor furnitur dan buah tropis Rusia paling besar dari Indonesia. Karena itulah, Wahid menawarkan penjajakan kerja sama perdagangan antara Jawa Timur dan Rusia.

Untuk memperkenalkan produk-produk furnitur dan buah tropis Jawa Timur, Kedutaan Besar Indonesia di Rusia rencananya menghelat Festival Indonesia. Ajang yang bakal diselenggarakan di Moskow itu juga akan memamerkan beragam kekayaan Indonesia serta produk unggulan.

Jawa Timur berpeluang mengembangkan pasar ekspor ke Rusia, khususnya untuk komoditas furnitur dan buah tropis.

“Saya juga sedang mendorong Jatim agar bisa mengirim kopi dan teh ke Rusia karena kopi merupakan produk eksotis dunia. Saya sudah bertemu beberapa maskapai terkait flight langsung ke Moskow dari Indonesia yang bisa sekaligus mengangkut komoditas kita,” ujar Wahid.

“Di Vladivostok (Rusia) nilai impor furnitur mencapai USD21 juta. Selain itu, buah tropis sangat disukai warga Rusia, termasuk rambutan. Komoditas agrobisnis seperti keripik pisang dan mangga sangat disukai warga Rusia. Saya lihat Jatim punya peluang besar di situ karena furnitur dan buah tropis di Jatim sangat besar produksinya,” ujar Wahid di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo menyambut sangat baik tawaran kerja sama perdagangan yang diinisiasi Kedutaan Besar Indonesia di Rusia. Dia menilai, keikutsertaan Kantor Kedutaan Indonesia akan memudahkan proses administrasi.

Soekarwo mengungkapkan, tiga komoditas ekspor terbesar Jatim adalah perhiasan, kulit, dan furnitur. Pasar perhiasan Jawa Timur naik ratarata 40 persen setiap tahun. “Tahun ini pasar perhiasan kita sekitar USD6,1 miliar atau Rp70 triliun. Sementara untuk furnitur, kita masih ekspor ke AS dan Eropa. Tahun 2012 produk furnitur merupakan komoditas ekspor terbesar Jatim,” ujar Soekarwo.

“Kita akan kirim pisang atau mangga, tapi diekstrak dulu sehingga pengirimannya dalam bentuk keripik atau sirup,” katanya.

“Selama ini yang menjadi kendala perdagangan kita di luar negeri adalah mencari perwakilan di negara tujuan pasar. Karena itu, kita sering mempekerjakan orang sana (negara tujuan pasar). Saya sangat menyambut baik tawaran ini karena akan memudahkan kita,” kata dia.

Terkait tawaran ekspor produk agrobisnis seperti buah tropis, Soekarwo menjelaskan bahwa Jawa Timur memang sedang mengembangkan industri pertanian onfarm, yaitu mengolah bahan baku menjadi produk olahan. Hasil olahan itulah yang akan diekspor.

BEI Awasi Kenaikan Saham HRUM | PT Rifan Financindo Berjangka 

PT Rifan Financindo Berjangka


Informasi terakhir tentang HRUM yang dipublikasi pada 10 Oktober 2016. Isinya tentang laporan bulanan registrasi pemegang efek atau perubahan struktur pemegang saham.

BEI menghimbau untuk para investor harus terus mengamati kinerja perusahaan. Selain itu, memperhatikan jawaban perseroan dan mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul di kemudian hari sebelum melakukan pengambilan keputusan investasi.

PT Harum Energy bergerak di bidang pertambangan, perdagangan dan jasa. Saat ini kegiatan usaha utama HRUM adalah beroperasi dan berinvestasi pada anak usaha yang bergerak dalam bidang pertambangan batubara (melalui PT Mahakam Sumber Jaya, PT Tambang Batubara Harum, PT Karya Usaha Pertiwi dan PT Santan Batubara (perusahaan pengendali bersama antara HRUM dengan Petrosea Tbk / PTRO)).

Otoritas bursa saham menilai saham PT Harum Energy Tbk (HRUM) mengalami kenaikan harga saham di luar kebiasaan atau Unusual Market Activity (UMA).

Demikian mengutip keterbukaan informasi di BEI, Selasa (18/10/2016). Hari ini saham HRUM dibuka di harga Rp1.620 per lembar. Saham HRUM pada penutupan perdagangan 5 Oktober di harga Rp1.080 per lembar. Pada penutupan perdagangan 11 Oktober saham HRUM di harga Rp1.500 per lembar. Pada penutupan 17 Oktober 2016 saham HRUM di harga Rp1.600 per lembar.

Pada pemegang saham HRUM di atas 5 persen antara lain PT Karunia Bara Perkasa sebesar 70,6 persen dan masyarakat sebesar 29,2 persen.

Selain itu pengangkutan laut dan alihmuat batubara melalui PT Layar Lintas Jaya. Untuk investasi melalui Harum Energy Capital Limited dan Harum Energy Australia Ltd.