Terbaru

Trik agar Produk Perusahaan Mudah Dikenal Publik

pt rifan axa tower


Dari sana pemasaran produk BUMN juga bisa lebih luas | pt rifan axa tower

Dalam The 5th Annual Jakarta Marketing Week 2017, Founder & Chairman MarkPlus Inc Hermawan Kartajaya menilai, setiap Badan Usaha Milik Negara harus mencari cara lain dalam memasarkan produk yang mereka miliki agar bisa dikenal jauh oleh masyarakat. Salah satunya, adalah dengan terjun langsung ke berbagai komunitas.

Melakukan berbagai inovasi di tengah perubahan dunia, menjadi salah satu kunci bagi para produsen merek untuk memacu diri memperkenalkan produknya di masyarakat luas. Semakin tingginya pengguna internet, bukanlah menjadi satu-satunya solusi untuk memperkenalkan produk yang dimiliki, kepada seluruh elemen masyarakat.

"Marketing dan branding ini menjadi kunci pokok bagi BUMN sekarang. Tetapi, tetap perlu ada sosialisasi seperti Jakarta Marketing Week,” kata Hermawan, Jakarta, Rabu 3 Mei 2017.

Sebagai informasi, Jakarta Marketing Week pada hari pertama, akan ditutup dengan seremoni penganugerahan penghargaan BUMN Marketeers Award 2017 yang merupakan bentuk apresiasi terhadap kinerja perusahaan dan anak perusahaan BUMN yang memiliki strategi pemasaran yang tepat, serta mampu mengimplementasikannya secara konsisten. 

Jakarta Marketing Week 2017 menghadirkan berbagai komunitas yang terdiri atas para figur sosial maupun institusional yang telah terbukti memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar, dan masyarakat urban Jakarta. Ajang-ajang seperti ini, kata Hermawan, bisa menjadi opsi bagi perusahaan pelat merah memasarkan produknya.

“Jadi, tidak hanya offline dan online. BUMN harus menyadari, betapa besarnya peran komunitas,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Head of Marketing Communication PT Pertamina, Dendi T Danianto memandang, pagelaran tersebut merupakan platform tepat untuk menyampaikan konten produk-produk yang dimiliki BUMN sektor energi, agar dikenal oleh masyarakat luas. Kondisi ini pun bisa ditiru oleh BUMN lainnya.

“Pertamina menganggap branding yang kuat, dapat dicapai melalui interaksi yang tepat. Sehingga, Pertamina bisa lebih dekat dan menyentuh para konsumen secara langsung,” katanya.

Jadi Lifestyle Transportasi, Jakarta Nantikan MRT Selama 30 Tahun | pt rifan axa tower


Direktur Operation and Maintenance PT MRT Jakarta Agung Wicaksono mengatakan, kehadirannya dalam acara Marketing Week 2017 untuk memperkenalkan moda transportasi tersebut kepada masyarakat.

Mass rapid transit (MRT) diprediksi akan menjadi lifestyle baru dalam moda transportasi darat. Sebab, MRT akan mempermudah dan mempercepat masyarakat dalam bepergian serta akan mengurangi volume kendaraan di jalan.

"MRT diundang sebagai lifestyle baru berbasis publik transportasi bukan semata kendaraan pribadi. Studinya dimulai tahun 1989, 30 tahun lalu. Groundbreaking 2013 oleh Jokowi. MRT menjadi lifestyle baru," ungkapnya di acara Jakarta Marketing Week 2017, Jakarta, Rabu (3/5/2017).

"Jumlah jalan hanya 0,01% per tahun tumbuhnya, padahal pertumbuhan jumlah kendaraan jauh lebih besar. Hal ini tidak sebanding dan menyebabkan macet yang panjang. Jakarta perlu perubahan. Inilah alasannya kenapa kita butuh MRT," tukasnya.

Menurutnya, banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan kehadiran MRT. Sebab, jumlah pertumbuhan Jakarta hanya 0,01% per tahun sedangkan pertumbuhan kendaraan sebesar 12% per tahun.

JAKARTA MARKETING WEEK 2017, Menhub Perkenalkan moda Mass Rapid Transit | pt rifan axa tower


Ketua Umum Forum Humas BUMN Ahmad Reza mengatakan kegiatan ini sangat positif dan menjadi penyemangat bagi para pekerja di lingkungan BUMN. Dia berharap event ini bisa membantu membangun sinergi antar perusahaan pelat merah untuk menciptakan strategi kinerja hubungan masyarakat serta branding perusahaan dalam citra positif. Langkah tersebut nantinya bakal menciptakan value perusahaan yang baik di mata masyarakat.

Di luar itu, acara ini juga diikuti oleh sejumlah pemerintah provinsi, pemerintah kota, dan pemerintah kabupaten yang ingin memperkenalkan budaya serta keunikan daerah masing-masing. Sesi ini ditujukan untuk meningkatkan awareness masyarakat urban ibukota terhadap kehadiran sejumlah daerah lain di Tanah Air. Beberapa daerah yang ikut serta adalah Provinsi Maluku, Provinsi Lampung, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Kudus. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) membuka The 5th Annual Jakarta Marketing Week 2017 dengan memukul gendang.

Selain itu, hadir pula Founder dan Chairman MarkPlus, Inc. Hermawan Kartajaya, Direktur Operations & Maintenance PT MRT Jakarta Agung Wicaksono, Ketua Umum Forum Humas BUMN Ahmad Reza, Head of Marketing Communications PT Pertamina (Persero) Dendi T. Danianto, Marketing and Business Development Director PT Angkasa Pura I (Persero) Mochammad Asrori, Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua, Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta Catur Laswanto, dan Presiden Direktur PT Martina Berto Tbk. Bryan Tilaar.

"Ini merupakan ajang yang bagus untuk menyosialisasikannya ke masyarakat," ujar dia di sela-sela pembukaan Jakarta Marketing Week 2017, Rabu (3/5/2017).

Budi mengatakan Jakarta Marketing Week merupakan ajang yang tepat untuk memperkenalkan moda Mass Rapid Transit (MRT) ke masyarakat. Saat ini, masyarakat disebut masih mengandalkan moda transportasi yang tidak sistematis seperti ojek dan angkot. Namun, kepedulian masyarakat semakin baik.

Sesuai dengan tema, berbagai sesi yang dihadirkan akan mengangkat tren pemasaran dan fenomena gaya hidup masyarakat urban Jakarta. Dalam waktu sepekan, akan ada serangkaian acara yang terbagi dalam beberapa sesi.

Pada hari pertama misalnya, Jakarta Marketing Week mengusung tajuk BUMN Day dengan tema Hadir Untuk Negeri. Nantinya sejumlah narasumber dari perusahaan pelat merah bakal hadir untuk memaparkan peran serta inovasi yang dilakukan sebagai bagian dari upaya memajukan masyarakat Indonesia.

Tahun ini, Jakarta Marketing Week mengusung tema Lifestyle and the City dan digelar pada 3-9 Mei 2017 di Kota Kasablanka. Acara ini menjadi ajang untuk mempertemukan berbagai komunitas, mulai dari artis, pelaku usaha, hingga pemerintah.

Seperti diketahui, melanjutkan kesuksesan Jakarta Marketing Week tahun lalu, MarkPlus, Inc. kembali menggelar acara yang sama tahun ini sebagai wadah bagi para pegiat pemasaran lewat The 5th Annual Jakarta Marketing Week 2017.

Tahun ini, Jakarta Marketing Week mengusung tema Lifestyle and the City dan digelar pada 3-9 Mei 2017 di Kota Kasablanka. Acara ini menjadi ajang untuk mempertemukan berbagai komunitas, mulai dari artis, pelaku usaha, hingga pemerintah dan rencananya akan dibuka oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.