Terbaru

Kini Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan Bisa Lewat "Mandiri E-Cash"

cara kerja pt rifan financindo berjangka

Target kepesertaan JKN-KIS sebesar 201 juta orang | cara kerja pt rifan financindo berjangka


Direktur Kepesertaan dan Pemasaran BPJS Kesehatan Andayani Budi Lestari mengatakan, layanan yang diberikan Bank Mandiri dapat meningkatkan kepastian pembayaran iuran dari peserta JKN-KIS.

Menurut dia, layanan yang diberikan ini dapat merealisasikan target kepesertaan JKN-KIS yang sebesar 201 juta orang.

"Maka kami berharap, jumlah peserta akan meingkat, sekarang sudah 176,9 juta orang. Diharapkan, juga ada kepastian kecepatan pembayaran," pungkas Ani.

 Bank Mandiri memberikan layanan pembayaran Iuran BPJS Kesehatan yang dibayarkan oleh peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Layanan pembayaran Iuran BPJS Kesehatan yang diberikan yakni melalui fasilitas Mandiri e-Cash.

Pemberian layanan iuran BPJS Kesehatan tercantum dalam nota kesepahaman yang ditandatangani oleh Direktur Government dan Institutional Bank Mandiri Kartini Sally dengan Direktur Kepesertaan dan Pemasaran BPJS Kesehatan Andayani Budi Lestari di Plaza Mandiri Jakarta, Rabu (3/5/2017). 

Sally menuturkan, layanan ini dapat menambah kepesertaan masyarakat dari JKN-KIS. Selain itu, juga dapat menambah jumlah transaksi dari pembayaran iuran BPJS. 

"Tahun lalu transaksi (Mandiri e-cash) mencapai 4.987 transaksi per bulan. Posisi saat ini sudah 5.371 transaksi per bulan. Kami harapkan minat kepesertaan JKN-KIS makin tinggi," katanya.

Kartini Sally mengatakan, Mandiri e-cash memudahkan peserta JKN-KIS untuk membayar tanpa perlu membuka rekening Bank Mandiri.

"Jadi intinya tidak semua peserta JKN-KIS memiliki tabungan. Biasanya kan pembayaran menggunakan saluran ATM, Nah sekarang lewat Mandiri e-cash diharapkan lebih mudah," ujar Sally.

BPJS Kesehatan Gandeng Bank Mandiri Permudah Pembayaran Iuran | cara kerja pt rifan financindo berjangka


Direktur Kepesertaan dan Pemasaran BPJS Kesehatan Andayani Budi Lestari menjelaskan, Kader JKN-KIS adalah orang-orang yang menjadi mitra BPJS Kesehatan untuk menjalankan sejumlah fungsi BPJS Kesehatan antara lain fungsi pemasaran dan fungsi pengumpul iuran.

BPJS Kesehatan bekerja sama dengan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk melalui penandatanganan nota kesepahaman dalam hal pemanfaatan produk uang elektronik Mandiri e-Cash. Dengan adanya layanan ini maka Bank Mandiri akan memfasilitasi Kader JKN-KIS dalam melakukan pemungutan iuran JKN-KIS dari masyarakat.

Sejak Oktober 2015, BPJS Kesehatan telah memperluas channel pembayaran iuran pesertanya melalui sistem Payment Point Online Banking (PPOB). Hingga akhir Maret 2017, tercatat BPJS Kesehatan memiliki 422.700 channel pembayaran PPOB, yang terdiri atas modern outlet, traditional outlet, maupun perbankan.

Adapun rata-rata transaksi pembayaran iuran BPJS Kesehatan per bulan mencapai 5,8 juta transaksi pembayaran, yang mana 30 persennya bersumber dari PPOB dengan total iuran peserta JKN-KIS yang terkumpul lewat PPOB sebesar Rp3,190 triliun.

Keberadaan Kader JKN-KIS diharapkan mampu mendorong masyarakat mendaftar menjadi peserta dan membayar iuran secara tepat waktu. Bahkan, pemanfaatan Mandiri e-Cash ini diharapkan dapat membantu Kader JKN-KIS untuk mengumpulkan iuran peserta.

"Prinsipnya, bayar iuran JKN-KIS kini jadi lebih mudah dan lebih dekat. Harapan kami, kedisiplinan peserta JKN-KIS dalam membayar iuran dapat meningkat, sehingga sustainibilitas program JKN-KIS terus terjaga," ujarnya, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Rabu 3 Mei 2017.

Pada kesempatan yang sama, BPJS Kesehatan juga melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan sejumlah bank mitra Bank Mandiri tentang pemasaran bersama dalam upaya perluasan kepesertaan BPJS Kesehatan, serta penyediaan layanan perbankan milik perbankan.

Adapun mitra perbankan Bank Mandiri yang turut serta dalam penandatanganan nota kesepahaman tersebut adalah BCA, Bank Permata, Bank CIMB Niaga, Bank OCBC NISP, Bank Nagari, Panin Bank, Bank Mandiri Syariah, Bank Jateng, Bank Jambi, Bank Kaltim, Bank Lampung, Bank Maluku Utara, Bank Banten, Bank Bengkulu, Bank Sultra, Bank BTPN, Alfamart, Tokopedia, Superindo, Apotek24, dan lain-lain.

Direktur Government and Institutional Bank Mandiri Kartini Sally menambahkan, khusus Bank Mandiri, hingga akhir Maret 2017, frekuensi pembayaran iuran JKN-KIS melalui Bank Mandiri secara rata-rata mencapai 5.371 ribu transaksi per kuartal atau 1,79 juta per bulan.

"Atau meningkat dibandingkan rata-rata per kuartal yang mencapai 4.987 juta transaksi atau 1,6 juta per bulan pada periode yang sama tahun lalu," jelasnya.

Selain itu, BPJS Kesehatan dan Bank Mandiri juga kembali mempertegas kerja sama pembiayaan fasilitas kesehatan (faskes) mitra BPJS Kesehatan melalui pemberian Konfirmasi Faskes. Pemberian kepada Bank Mandiri dimaksudkan untuk memperlancar pembiayaan pelayanan kesehatan peserta JKN-KIS yang ditawarkan Bank Mandiri kepada faskes.

Pembayaran Iuran BPJS Bisa Lewat E-Cash | cara kerja pt rifan financindo berjangka


PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. melayani pembayaran iuran BPJS Kesehatan oleh peserta dengan memanfaatkan produk uang elektronik Mandiri E-Cash

Kader JKN-KIS merupakan anggota masyarakat yang dipilih untuk menjalankan sebagian fungsi sosialisasi program BPJS Kesehatan, termasuk mengumpulkan iuran dalam suatu wilayah tertentu. Sebagai kepanjangan tangan BPJS Kesehatan di masyarakat, Keberadaan JKN-KIS diharapkan dapat mendorong masyarakat mendaftar menjadi peserta dan membayar iuran secara rutin.

Pembayaran iuran itu dapat dilakukan melalui kader Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di seluruh Indonesia.

Saat ini, jumlah peserta BPJS Kesehatan tercatat sebesar 175 juta orang dari berbagai segmen, yang berarti sekitar 70% penduduk Indonesia telah menjadi peserta program JKN-KIS yang wajib diikuti seluruh WNI (255 juta jiwa).

BPJS Kesehatan telah merekrut kader-kader JKN-KIS  di berbagai wilayah untuk membantu peserta program jaminan sosial nasional ini. Di antara tugas kader JKN-KIS adalah memberikan informasi mengenai manfaat program jaminan sosial, menjelaskan cara pendaftaran sebagai anggota, serta tata cara pembayaran iuran.

Direktur Government & Institutional Bank Mandiri Kartini Sally pemanfaatan Mandiri e-cash dan fasilitas perbankan lainnya diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan pembayaran iuran.

"Harapannya, semakin banyak masyarakat yang terjangkau JKN-KIS,” ujarnya, Rabu (3/5/2017).