Terbaru

Jokowi Bangga Industri Otomotif Indonesia Lari Kencang

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Medan


Indonesia kini merupakan wilayah seksi untuk investasi otomotif | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Medan


President and Chief Executive Officer Mitsubishi Motors Corporation, Osamu Masuko, mengatakan, adanya jejak manufaktur di Indonesia dilakukan agar mobil produksi Mitsubishi bisa bersaing di Tanah Air, khususnya dari sisi biaya. 

"Kami akan melokalisasi Pajero Sport dan memproduksi MPV baru di sini yang dari awal memiliki kandungan lokal 65 persen," tutur Masuko.

Masuko mengatakan, Mitsubishi yakin bahwa masih banyak orang Indonesia yang kepincut ingin membeli kendaraan. "Meskipun pertumbuhan kendaraan di Indonesia masih kurang dari satu untuk setiap 10 rumah tangga. Namun, pasar otomotif masih memiliki ruang luas untuk berkembang," kata dia.

Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan lokal, mobil Mitsubishi buatan Cikarang juga akan menjadi produk ekspor. Dari total kapasitas produksi 160 ribu unit mobil per tahun, Mitsubishi mencanangkan produksi small MPV mencapai 80 ribu unit. Dari jumlah tersebut, 60 ribu unit untuk pasar domestik dan 20 ribu pasar ekspor.

Sekadar diketahui, pabrik Mitsubishi dibangun di atas lahan seluas 50 hektare di kawasan industri Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Pabrik ini memiliki kapasitas produksi hingga 160 ribu kendaraan per tahun dan mobil yang akan diproduksi antara lain, Pajero Sport, Colt, dan MPV XM Concept.

Mitsubishi akhirnya meresmikan pabrik pertama di Indonesia. Mobil yang akan diproduksi lokal di fasilitas tersebut antara lain, Pajero Sport dan mobil keluarga XM Concept dan bakal meluncur tak lama lagi. Peresmian pabrik Mitsubishi di Indonesia itu juga turut dihadiri Presiden RI Joko Widodo.

Menurut Jokowi, pasar otomotif Indonesia saat ini terus berkembang bak mobil yang tengah berlari kencang. Salah satu buktinya ialah mulai dipilihnya Indonesia sebagai tempat berinvestasi, yakni seperti pembuatan pabrik yang dilakukan oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI).

"Indonesia sekarang makin kompetitif untuk industri otomotif, seperti tadi disampaikan Carlos Ghosn (CEO Nissan dan Renault) bahwa pertumbuhan industri otomotif di Indonesia itu rata-rata 10 persen lebih," ujar Jokowi di Cikarang, Bekasi, Selasa 25 April 2017.

Artinya, kata Jokowi, dengan pasar yang besar dan terus bertumbuh, akan banyak lagi perusahaan otomotif yang berinvestasi di Indonesia. "Dan dengan semakin banyaknya investasi, semakin banyak lapangan kerja. Karena itu, kita juga harus pastikan sumber daya manusia (SDM) di Indonesia bisa penuhi kebutuhan industri yang melakukan investasi di Indonesia," kata Jokowi.

Jokowi Harap Investasi Jepang Tularkan Disiplin ke SDM Indonesia | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Medan


Presiden Joko Widodo berharap investasi Jepang di Indonesia bukan hanya berimbas pada sebatas alih teknologi, namun juga menularkan etos kerja yang positif. 

"Bagus juga bila disiplin tinggi dalam budaya kerja sumber daya manusia di Jepang itu bisa dibiasakan, bisa ditularkan kepada sumber daya manusia Indonesia," ujar Jokowi.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi dalam acara peresmian pendirian pabrik PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Indonesia di Kawasan Greenland International Center Blok CH Nomor 01, Kota Deltamas Pasaranji, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Selasa (25/4/2017).

Jokowi juga berpesan kepada investor Jepang untuk tidak lupa melibatkan putra/putri Indonesia dalam melahirkan inovasi. Jokowi meyakini sumber daya manusia Indonesia banyak yang mumpuni. 

"Sumber daya manusia Indonesia itu aslinya pintar-pintar semuanya," ujar Jokowi.

Apalagi, Jokowi mendapatkan laporan bahwa tingkat pertumbuhan industri otomotif di Indonesia yakni sebesar 10 persen. Kebanyakan, industri otomotif yang menanamkan investasi di Indonesia adalah Jepang. 

Artinya, alih teknologi, alih pengetahuan serta penularan etos kerja disiplin seharusnya juga semakin meningkat. 

Di sisi lain, Presiden Jokowi juga berkomitmen untuk memperkuat pendidikan vokasi di Indonesia. Pemerintah akan melakukan singkronisasi antara pendidikan vokasional dengan kebutuhan industri.

"Kami akan kuatkan program vokasi untuk industri yang memiliki asosiasi kuat dan skema vokasional yang telah berjalan. Misalnya di sektor otomotif, pariwisata dan perhubungan sehingga tenaga kerja kita tidak hanya pintar di kelas, tapi juga andal di lapangan," ujar Jokowi. 

Jokowi Resmikan Pabrik Baru Mitsubishi di Cikarang | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Medan


 Presiden Joko Widodo pagi ini, Selasa (25/4/2017) meresmikan pabrik milik PT. Mitsubishi Motor Krama Yudha Indonesia di Kawasan Greenland International Center, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa investasi menjadi penting dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Dengan mengucap bismillah, saya meresmikan pabrik PT. Mitsubishi Motor Krama Yudha Indonesia,” ujar Presiden Jokowi.

Selain itu, Presiden mengatakan manfaat dari investasi yakni menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Diketahui, pabrik seluas 30 hektare dan yang telah diresmikan itu mampu menampung sebanyak 3.000 tenaga kerja.

“Artinya yang tadinya menganggur bisa bekerja, dan seperti kita lihat sekarang dengan pabrik baru PT. MMKI ini dapat membuka 3.000 lapangan kerja,” ucap Jokowi.

Karena itu, Presiden Jokowi menekankan bahwa perlunya kemudahan-kemudahan kepada para investor untuk bisa menanamkan investasinya di Indonesia.

“Oleh sebab itu, investor jangan dipersulit agar ekonomi kita bergerak, agar pertumbuhan ekonomi selalu ada di negara kita Indonesia,” ucap Presiden Jokowi.