Terbaru

Di Hadapan Warga Yahukimo, Jokowi: Bandaranya Nanti Saya Perpanjang

Jokowi berjanji akan memperpanjang run way Bandara Nop Goliat Dekai | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Palembang

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Palembang


Presiden Joko Widodo hari ini Selasa (18/10/2016) mengunjungi Kabupaten Yahukimo, Papua. Di hadapan warga, Jokowi berjanji akan memperpanjang run way Bandara Nop Goliat Dekai agar nantinya dapat dilandasi pesawat berbadan besar jenis Boeing.

Keberadaan Bandara Nop Goliat Dekai di Kabupaten Yahukimo menjadi strategis. Bandara ini menjadi penghubung 417 desa yang berada di kawasan pegunungan Yahukimo.

"Yang berkaitan dengan airport, memang panjang run waynya masih 1.950 meter. Tapi tadi sudah saya sampaikan ke Menteri Perhubungan agar diperpanjang lagi menjadi 2.500, nanti Boeing bisa turun di sini," ujar Jokowi dalam sambutannya yang disambut tepuk tangan meriah masyarakat Yahukimo.

"Saya beri waktu 2 tahun maksimal harus jadi. Kalau yang lain panjang, yang di sini juga harus panjang kan. Sekarang ini eranya kompetisi, eranya persaingan, kalau infrastrukturnya semuanya dalam posisi yang sama, semuanya juga dapat bersaing dalam posisi apapun," jelas Jokowi.

Jokowi menegaskan bahwa janji tersebut harus terealisasi dalam 2 tahun mendatang. Pembangunan Papua harus sama dengan daerah lain di Indonesia. Menurutnya, pembangunan infrastruktur seperti bandara diperlukan untuk membantu Papua dalam berkompetisi di tingkat nasional.

"Dan ini lah manfaat sebuah hubungan, manfaat sebuah konektifitas. Bukan hanya bermegah-megahan infrastruktur, tapi kita harapkan bandara ini dapat membawa manfaat bagi rakyat di Yahukimo. Dan saya minta bandara ini dirawat dengan baik," harapnya. 

Bandara Yahukimo disebut Jokowi sebagai konektifitas antar daerah. Dia berharap bandara ini dapat membawa manfaat besar bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Yahukimo. Dia pun meminta agar bandara ini dapat dijaga dengan baik oleh masyarakat sekitar.

"Dan Bandara Nop Goliat Dekai ini adalah satu dari tujuh bandara perintis yang menghubungkan 417 desa di Kabupaten Yahukimo," imbuhnya.

Jokowi Akan Canangkan BBM Satu Harga di Papua | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Palembang

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Palembang


Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo akan bertolak menuju bandara Nop Goliat Dekai, Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua ‎dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura.

Selain kedua acara tadi, Presiden juga berkesempatan melihat langsung pesawat pengangkut BBM yaitu Air Tractor AT-802 dan meninjau terminal bandara yang baru diresmikannya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan ‎mencanangkan program bahan bakar minyak (BBM) satu harga. Program tersebut dilakukan Jokowi dalam kunjungan hari kedua di wilayah Papua.

"Di bandara Nop Goliat Dekai, Yahukimo, Presiden akan canangkan pogram satu harga BBM di Papua dan juga resmikan Bandar Udara Nop Goliat Dekai," kata Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam rilisnya, Selasa (18/10/2016).

"Sebelum meninggalkan Yahukimo, Presiden akan menyaksikan pembagian makanan tambahan (PMT) bagi ibu hamil, balita dan anak-anak sekolah di Lapangan Yahukimo Bangkit, Yahukimo," pungkasnya. 

Kunjungi Yahukimo, Jokowi Resmikan Bandara dan Tetapkan Satu Harga BBM | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Palembang

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Palembang


Pukul 09.00 Waktu Indonesia Timur (WIT), Pesawat Kepresidenan RI Boeing 737 800 mendarat di Bandara Nop Goliat Dekai. Turun dari pesawat, Jokowi yang menggunakan kemeja lengan panjang putih disambut Menteri Perhubungan, Menteri BUMN, Panglima TNI, Gubernur Papua, Bupati Yahukimo, dan beberapa penjabat daerah.

"Terimakasih Bapak Presiden sudah mau kunjungi kami di Yahukimo," teriak seorang Ibu sambil menangis.

Presiden RI Joko Widodo mengunjungi Kabupaten Yahukimo, Papua, Selasa (18/10/2016). Kunjungan ini dalam rangka peresmian Bandara Nop Goliat Dekai, serta penetapan satu harga BBM untuk Papua.

Memasuki lokasi acara tempat peresmian berlangsung, ratusan masyarakat Yahukimo yang telah menunggu kedatangannya dari luar pagar bandara menyambut haru. Beberapa ibu-ibu bahkan tak kuasa menahan tangis saat Jokowi melambaikan tangan ke arah mereka.

Jokowi merupakan Presiden RI pertama yang menginjakkan kaki di Tanah Yahukimo. Kehadirannya menggunakan pesawat Kepresidenan menjadi tontonan yang dirindukan masyarakat selama ini.

"Saya berbahagia sekali saya senang sekali bisa hadir di Yahukimo," ujar Jokowi mengawali sambutannya.

"Baru kali ini kita bisa lihat pesawat besar Kakak, kami sangat senang. Kemarin kami sampai potong-potong pohon dekat pagar bandara sana biar bisa lihat pesawat Bapak Presiden," ungkap salah satu warga, Musa Pekei.

Tepat pukul 11.45 WIT, usai mengunjungi masyarakat di tengah Kota Dekai, Pesawat Kepresidenan RI Boeing 737 800 lepas landas meninggalkan Yahukimo.

"Selamat tinggal Bapak Presiden, terimakasih sudah mau lihat-lihat kami di sini," teriak seorang anak, Fian Stefanus sambil melambaikan tangan dari luar pagar Bandara Nop Goliat Dekai. 

Jokowi lalu meresmikan Badara Nop Goliat Dekai dan menetapkan 'Satu Harga BBM untuk Papua', yang ditandai dengan pemukulan Tiva dan penandatanganan prasasti. 

Jokowi kemudian melanjutkan kunjungan ke tengah Kota Dekai, Ibu Kota Yahukimo. Di luar pintu masuk Bandara, mobil Kepresidenan RI 1 sempat terhenti menunggu Jokowi yang membagikan cendera mata ke masyarakat. Paspampres sempat dibuat kelabakan karena banyaknya masyarakat yang berebut.