Terbaru

Tommy Soeharto Akan Minta Pengampunan Pajak

Tommy Soeharto Akan Mengikuti Amnesti Pajak | PT Rifan Financindo Berjangka Pusat

PT Rifan Financindo Berjangka Pusat


Putra mantan presiden Soeharto, Hutomo Mandala Putra akan melaporkan hartanya dalam program pengampunan (amnesti) pajak yang dicanangkan pemerintah pada pagi hari ini, Kamis (15/9).

Menurut pesan singkat yang beredar di kalangan wartawan, lelaki yang dikenal dengan sebutan Tommy Soeharto ini akan melaporkan hartanya di KPP Wajib Pajak Besar, Jl. Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan pada pukul 10.00 WIB. 

Selama ini, Tommy Soeharto jarang tampil ke publik. Berbeda dengan saat Tommy belum terseret kasus perencanaan pembunuhan terhadap Hakim Agung Syafiuddin Kartasasmita pada 2001 silam. Sebelumnya, Tommy juga sering muncul terkait kedekatannya dengan beberapa perempuan di dunia hiburan.

Sebelum Tommy, pengusaha yang telah menyampaikan hartanya dan membuat pernyataan publik antara lain putera mahkota Grup Lippo, James Riady dan Thohir bersaudara, yakni pemilik Grup Mahaka, Erick Thohir dan nahkoda PT Adaro Energy Tbk, Garibaldi 'Boy' Thohir. 

Kendati kini jarang terlihat, geliat bisnis putra mahkota keluarga Cendana ini tak pernah berhenti. Terakhir, Tommy terjun ke bisnis properti melalui kendaraannya, PT Kencana Graha Optima dengan membangun superblok Mangkuluhur City yang terletak di kawasan strategis di Gatot Subroto, Jakarta Selatan. 

Pembangunan Mangkuluhur City yang dimulai pada awal 2014 kini sudah mencapai tahap topping off untuk Office Tower One, dan ditargetkan beroperasi pada 2017. Superblok Mangkuluhur City ini dilengkapi juga dua tower apartemen premium, dengan menggandeng Hotel Regent menjadi bagian dari salah satu tower apartemen premium tersebut. 

Mangkuluhur City menempati lahan seluas 4 hektare dengan konsep “world class quality” yang menggabungkan aktivitas bisnis, akomodasi, dan hunian, terdiri dari dua tower perkantoran yakni Office Tower One dan Office Tower Two.

Sesuai komitmen Kencana Graha Optima di awal pembangunan, akan ada dua akses jalan baru di kawasan Mangkuluhur City selebar 15 meter di antara Plaza Semanggi dan Mangkuluhur City.

Selain bisnis properti yang baru-baru ini ditekuni, Tommy sebelumnya juga dikenal dengan beberapa usahanya di bidang transportasi kapal melalui PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk. Perusahaan yang melantai di bursa saham Indonesia ini berfokus ke bisnis transportasi migas.

Pelemahan kinerja Humpuss tersebut disebabkan oleh naiknya beban umum administrasi menjadi US$3,48 juta di semester I 2016, dari US$3 juta di paruh pertama 2015. Hal itu ditambah naiknya beban operasi lainnya menjadi US$239.873 dari US$171.622.

Sayangnya, dalam separuh tahun 2016, Humpuss mengalami penurunan kinerja dengan mencatatkan laba bersih sebesar US$1,15 juta, meluncur dari US$2,59 juta di semester I 2015. Padahal, penjualan usaha Humpuss naik menjadi US$29,94 juta, dari US$26 juta.

Tommy Soeharto Ikut Tax Amnesty, Berapa Harta yang Dilaporkan? | PT Rifan Financindo Berjangka Pusat

PT Rifan Financindo Berjangka Pusat


Setelah para pengusaha kelas kakap Tanah Air, kini giliran keluarga Cendana yang mengikuti program pengampunan pajak (tax amnesty). Anggota keluarga Cendana yang pertama kali mengikuti tax amnesty adalah Hutomo Mandala Putra atau yang akrab disapa Tommy Soeharto.

Tommy pada kesempatan ini berpenampilan rapi dengan menggunakan batik berwarna coklat. Ketika diberondong awak media, Tommy enggan menanggapi lebih dini pertanyaan-pertanyaan tersebut. "Nanti ya, ada waktunya," ucapnya sembari menuju lift untuk menuju ruangan di lantai 3A.

Tommy tiba pukul 10.51 WIB dengan menunggangi kendaraan roda empat jenis SUV berwarna hitam.di Kantor Wilayah (Kanwil) Wajib Pajak Besar Sudirman, Kamis (15/9/2016),

Tommy Soeharto akan Ikut Pengampunan Pajak | PT Rifan Financindo Berjangka Pusat


PT Rifan Financindo Berjangka Pusat


Anak mantan Presiden Soeharto ini akan menginventarisasikan harta kekayaannya. Berdasarkan penelusuran Metrotvnews.com, rekam jejak Tommy Soeharto menunjukkan dia memegang kendali bisnis di beberapa perusahaan.

Dari sebagian besar perusahaan tersebut, Tommy tercatat memegang kendali atas berbagai lini bisnis seperti di bidang energi, batu bara, petrokimia, dan transportasi. Grup Humpuss namanya, grup ini menjadi induk perusahaan yang mengurusi semua bisnis di tubuh perseroan.

Rencananya, Tommy akan melakukan pendaftaran tersebut di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jalan Jenderal Sudirman, Jakarya, Kamis, 15 September pada pukul 10.00 WIB.

Sementara di kancah perpolitikan, Tommy Soeharto sempat mengajukan diri sebagai ketua Partai Golkar. Namun sayangnya di tengah jalan ia urung mendaftarkan diri.

Belakangan, Tommy berencana membangun gedung perkantoran dengan tinggi 80 lantai atau sekitar 400 sampai 500 meter di area Mangkuluhut City, kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Adapun anggota dari Grup Humpuss yaitu PT Humpuss Patragas, PT Humpuss Trading, PT Humpuss Aromatik, PT Humpuss Pengolahan Minyak, dan PT Humpuss Karbometil Selulose. Sedangkan, di bidang transportasi ada PT Gatari Air Service, PT Usaha Gemilang Utama, PT Kaltim Methanol Industri, PT Sekar Artha Sentosa, serta PT Humpuss Intermoda Transportasi.

Namun, setelah tindak pidana korupsi orde baru terbongkar, kinerja Grup Humpuss mulai meredup. Tommy dan perusahaan raksasanya terseret di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Humpuss pun dituntut membayar utang PT Timor Nasional sebesar Rp4 triliun.