Terbaru

Gandeng IMO, pemerintah tingkatkan pelayaran Indonesia

Khususnya terkait dengan keselamatan dan keamanan pelayaran | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Medan

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Semarang

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan selain kerja sama di bidang pelayaran, pihaknya juga sepakat untuk meningkatkan kerja sama dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan capacity building.

"Kami juga berkoordinasi tentang kemungkinan adanya dukungan tenaga pendidikan bagi kita untuk meningkatkan pengetahuan SDM di bidang industri pelayaran," kata Budi di kantornya, Jakarta, Selasa (21/2).

Kementerian Perhubungan bersama dengan International Maritime Organization (IMO) sepakat untuk bekerja sama di bidang pelayaran, khususnya terkait dengan keselamatan dan keamanan pelayaran serta perlindungan lingkungan laut.

"Pertemuan tadi membahas isu-isu yang relevan di mana kita berbicara tentang hal-hal yang penting bagi dunia pelayaran, kita ceritakan tentang tol laut dan Sekjen IMO mengapresiasi apa yang kita lakukan, terkait dengan tol laut dan konektivitas," imbuhnya.

Dia menambahkan, Indonesia akan lebih mengoptimalkan peranannya sebagai anggota Dewan IMO, sehingga lebih berdaya guna bagi industri maritim nasional. Hal ini untuk mendukung visi Presiden Joko Widodo yang ingin menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Sekretaris Jenderal International Maritime Organization (IMO) Mr. Kitack Lim menilai Indonesia adalah negara yang penting bagi IMO. Untuk itu, IMO ingin memperkuat dan meningkatkan kerjasama terkait dengan keselamatan dan keamanan pelayaran dan perlindungan lingkungan laut.

Selain itu, Indonesia juga berencana untuk mencalonkan kembali sebagai anggota Dewan IMO Kategori C periode 2018-2019. Dengan begitu, maka Indonesia akan memiliki peran yang besar dalam ikut menentukan kebijakan-kebijakan terkait dengan keselamatan dan keamanan pelayaran serta perlindungan lingkungan laut.

"Ini pertama kali saya ke Indonesia sejak dilantik sebagai Sekjen IMO. Indonesia adalah salah satu negara yang penting bagi IMO dan saya ingin ada peningkatan kerjasama terkait dengan keselamatan dan keamanan pelayaran serta perlindungan lingkungan laut," papar Kitack Lim.

Selain itu, Indonesia juga berencana untuk mencalonkan kembali sebagai anggota Dewan IMO Kategori C periode 2018-2019. Dengan begitu, maka Indonesia akan memiliki peran yang besar dalam ikut menentukan kebijakan-kebijakan terkait dengan keselamatan dan keamanan pelayaran serta perlindungan lingkungan laut.

Indonesia juga telah bekerjasama dengan Malaysia dan Singapura dalam mengelola keselamatan pelayaran, keamanan pelayaran dan perlindungan lingkungan laut di Selat Malaka dan Selat Singapura. Sekjen IMO juga mengapresiasi hal ini.

Mengingat kebijakan-kebijakan tersebut akan diputuskan oleh Dewan IMO. Pemilihan kembali anggota Dewan IMO periode 2018-2019 akan diselenggarakan pada Sidang Majelis IMO pada bulan November 2017 di London, Inggris.

Tol Laut Jokowi Dapat Pujian Dari Sekjen IMO | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Medan

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Semarang

Hari ini Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, bertemu dengan Sekjen International Maritime Organization (IMO), H E Kitack Lim, di Kementerian Perhubungan. Dalam pertemuan ini, Sekjen IMO memuji program tol laut yang diprakarsai Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

"Kita ceritakan tentang tol laut dan beliau mengapresiasi apa yang kita lakukan sebagai suatu hal yang penting, di mana internal konektivitas antara satu pelabuhan dan pelabuhan itu harus dirawat secara baik," kata Budi, di kantornya, Jakarta, Selasa (21/2/2017).

Pertemuan ini membahas peran Indonesia sebagai negara poros maritim dunia. Budi Karya, menyebut pertemuan ini juga membahas soal tol laut yang kemudian diapresiasi karena konektivitas antar pelabuhan saling menyambung, sehingga harga barang dari daerah ke daerah lain bisa sama murahnya.

"Indonesia banyak berkontribusi terhadap dunia melalui IMO, termasuk perkapalan, navigasi, dan kemanan lingkungan. Hari ini kami banyak bicara tentang aktivitas kemaritiman, perkapalan, navigasi, dan kepelabuhan," ujar Kitack.

Kitack mengatakan, Indonesia banyak berkontribusi terhadap dunia lewat forum IMO. Dalam pembicaraan hari ini banyak membicarakan tentang aktivitas kemaritiman kelautan Indonesia, perkapalan, navigasi, dan kepelabuhan.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dalam akun Youtube-nya menjelaskan tol laut adalah jalur pelayaran yang bebas hambatan, yang menghubungkan pelabuhan-pelabuhan di seluruh Indonesia, yang menghubungkan antar pulau.

Dan kita berharap dengan tol laut, harga barang menjadi lebih murah di seluruh tanah air. 

Dengan laut pemerataan ekonomi akan tercapai. Laut akan menjadi sumber kejayaan dan sumber kemajuan indonesia abad 21

Setelah terhubung dengan tol laut maka kita harap tidak ada lagi kelangkaan barang seperti kelangkaan sembako, kelangkaan BBM, dan semen.