Terbaru

Tiba di Tanjung Priok, Surat Suara Pilkada DKI Dikawal Polisi

Biaya yang dikeluarkan untuk mencetak surat suara sekitar Rp700 juta | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Pekanbaru

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Pekanbaru

Komisioner KPU DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos mengatakan, produksi surat suara Pilkada DKI dilakukan di Makassar sesuai katalog pemesanan elektronik (e-catalog). Biaya yang dikeluarkan untuk mencetak surat suara sekitar Rp700 juta.

"Untuk semua produksi surat suara ditambah cadangan 2,5%, sampai ke Jakarta Rp700 juta. Semua itu diproduksi sekitar 7,2 juta surat suara. Biayanya sudah termasuk ongkos kirim," kata Betty.

Surat suara Pilkada DKI Jakarta yang dicetak di Makassar, Sulawesi Selatan, telah tiba di pelabuhan Tanjung Priok hari ini, Senin (23/1), sejak pukul 10.00 WIB. Surat suara yang berjumlah 7,2 juta ini akan langsung didistribusikan ke Komisi Pemilihan Umum tingkat kabupaten/kota. 

"Surat suara akan dibawa pakai mobil box dengan pengawalan polisi. Sekarang masih proses bongkar muat, belum ada yang jalan," kata anggota KPU DKI Jakarta Pokja Logistik, Mohamad Fadlilah, Senin (23/1).

Saat ini surat suara sedang dalam proses bongkar muat oleh petugas logistik KPU DKI Jakarta. Sedikit terdapat empat kontainer yang harus dibongkar sebelum didistribusikan ke seluruh kabupaten/kota di Jakarta.

Di tingkat kota, surat suara akan disalurkan ke KPU Jakarta Pusat di kawasan Bungur, KPU Jakarta Barat di Kebon Jeruk, KPU Jakarta Timur di Kayu Putih, KPU Jakarta Selatan di Kalibata Tengah, dan KPU Jakarta Utara di Sunter Agung. Surat suara untuk tingkat kabupaten akan disalurkan ke KPU Kepulauan Seribu.

Seluruh surat suara itu nantinya akan didistribusikan ke lima kantor KPU tingkat kota dan satu kantor KPU tingkat kabupaten. 

Setiba di KPU kabupaten/kota, surat suara akan dilipat dan disortir sebelum dikirimkan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Produksi surat suara untuk Pilkada 2017 DKI Jakarta dilakukan di Makassar, Sulawesi Selatan, sejak 9 Januari lalu.

Setelah diterima PPK, surat suara diantar ke kelurahan. Dari sana, panitia pemungutan suara akan mendistribusikan logistik untuk hari pemilihan ke tempat pemungutan suara (TPS) sekitar.

Menko Luhut 'Bongkar' Jalur Kereta Peti Kemas Tanjung Priok | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Pekanbaru

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Pekanbaru


Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan berencana mengexercise (mengkaji ulang) jalur kereta api (KA) peti kemas JICT. Tujuannya supaya tidak double handling (penangan ganda) yang dampaknya pada cost logistik perusahaan.

"Kita lihat efisiensinya. Exercise kita semua dalami. Sekarang efisiensi cost sudah Rp1,5 juta per box kontainer, kalau bisa lebih murah lagi, yang penting produktif," tuturnya di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (23/1/2017).

Luhut mengatakan, dalam rangka exercise jalur KA peti kemas, pihaknya akan melibatkan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Pelindo II. Menurutnya, tingkat efisiensi di Pelabuhan Tanjung Priok sudah lebih bagus, tapi akan lebih ditingkatkan lagi efisiensinya.

"Tanggal 26 (Januari 2017) sore kita akan rapat, bicara soal ini. Efisiensi middle margin mereka (perusahaan) kan tinggi di atas 35%. Supaya efisiensi lebih bagus," tuturnya.

Untuk masalah mengkaji ulang jalur KA peti kemas, pihaknya akan lebih mendalaminya dalam pertemuan dengan sejumlah stakeholder dan kementerian terkait. Supaya efisiensi cost nantinya bisa lebih transparan dan bagus.

7,2 Juta Surat Suara Segera Didistribusikan ke Enam Wilayah | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Pekanbaru

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Pekanbaru

Sebanyak 7,2 juta surat suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta, tiba di Dermaga 209 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (23/1/2017), pukul 02.30 dini hari tadi.

"Ini surat suara nantinya digunakan saat hari pemilihan gubernur di seluruh DKI Jakarta. Surat-surat suara ini asalnya dari Makassar, Sulawesi Selatan. Nanti akan kita sebar di enam wilayah di Jakarta," kata seorang anggota KPU Daerah DKI Jakarta, Mohammad Fadillah di Dermaga 217 X Pelabuhan Tanjung Priok, Senin (23/1/2017).

Surat suara yang diangkut menggunakan dua unit kontainer dari kapal KM Marina Star 2 Makassar, Sulawesi Selatan tersebut akan segera didistribusikan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Dini hari tadi, dua unit container berisi surat suara, tiba di Dermaga 209 Pelabuhan Tanjung Priok, menggunakan KM Marina Star 2 tiba pukul 02.30. Jam 10 kami serahkan ke pihak KPU," kata Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Robertus Yohanes Robertus De Deo Eka Trimana.

Berdasarkan pantauan pukul 10.00 pagi tadi, sejumlah personel kepolisian dari Polres Pelabuhan Tanjung Priok mengamankan bongkar muat dua kontainer yang berisi surat suara tersebut.