Terbaru

KRL Rute Manggarai-Duri Bakal Dihapus Pertengahan 2017


Penghapusan kereta jarak jauh pada 2017 | PT Rifan Financindo Berjangka

PT Rifan Financindo Berjangka


Kementerian Perhubungan menjadwalkan untuk menghapus perjalanan KRL untuk rute Manggarai-Duri pada 2017. Penghapusan rute tersebut terkait beroperasinya kereta Bandara Soekarno-Hatta.

Seperti diketahui sebelumnya, Dirjen Perekeretaapian Kementerian Perhubungan Prasetyo Boeditjahjono telah menandatangani GAPEKA 2017 tersebut di Stasiun Pasar Senen bersama dengan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Kami harap GAPEKA ini berjalan dengan baik dan lancar sehingga masyarakat pengguna moda kereta api dapat merasakan kenyamanan yang sesungguhnya dengan adanya KA Bandara yang terkoneksi dengan Commuter Line Jabodetabek, tambah Prasetyo.

Penghapusan KRL untuk rute Manggarai-Duri ini dikarenakan akan dioperasikan KA Commuter Bandara Soekarno-Hatta. Dijadwalkan penghapusan ini mulai pertengahan 2017, sesuai dengan pengoperasikan KA Bandara Soetta.

Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) Sabtu (7/1/2017), keputusan penghapusan rute tersebut telah masuk dalam Surat Keputusan (SK) Dirjen Perkeretaapian No.KA 407/SK.332/DJKA/12/16 tanggal 29 Desember 2016.

Tak hanya penghapusan rute KRL, dalam GAPEKA tersebut juga ada penghapusan kereta jarak jauh pada 2017. Setidaknya daftar KA yang dihapus perjalanannya adalah KA Tegal Arum relasi Tegal Pasar Senen (Ekonomi Jarak Menengah) dan KA Sarangan relasi Surabaya Gubeng Madiun (Bisnis).

Untuk mendukung KA Bandara Soetta itu, nantinya juga akan dilakukan penambahan perjalanan KRL untuk rute Bogor-Manggarai-Jatinegara.

Selain itu, Kementerian Perhubungan juga akan menghapus KA Cepu Express relasi Surabaya Turi Cepu Semarang Poncol (Lokal), KA Arjuna relasi Surabaya Kota Madiun dan KA Madiun Jaya relasi Madiun – Yogyakarta.

KRL Rute Manggarai-Duri akan Dihapuskan, Ada Apa? | PT Rifan Financindo Berjangka

PT Rifan Financindo Berjangka


Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Prasetyo Boeditjahjono di Jakarta, Jumat, mengatakan hal itu telah tertuang dalam Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) untuk tahun 2017 sebagaimana yang telah tertuang dalam SK Dirjen Perkeretaapian No.KA 407/SK.332/DJKA/12/16 29 Desember 2016.

Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan menghapus rute pengumpan atau "feeder" Manggarai-Duri karena slot waktu akan digunakan untuk KA Bandara yang diharapkan dapat beroperasi pada pertengahan 2017.

"Gapeka 2017 juga sudah mengakomodasi pola dan pengaturan operasi KA Commuter Bandara Soekarno-Hatta dengan KRL, di mana salah satunya adalah menghapuskan (rute pengumpan) feeder Manggarai-Duri karena slot waktu akan digunakan untuk KA Bandara yang diharapkan dapat beroperasi pada pertengahan tahun 2017," katanya.

Selain penambahan KA, lanjut dia, juga terdapat pengurangan frekuensi dan penghapusan kereta api seperti KA Menoreh relasi Semarang Tawang-Pasar Senen (Ekonomi AC), KA Blora Jaya relasi Bojonegoro-Semarang Poncol (Lokal) dan KA Ciremai relasi Cirebon-Cikampek-Bandung (Eksekutif Bisnis) yang mengalami pengurangan frekuensi perjalanan KA sedangkan KA Tegal Arum relasi Tegal-Pasar Senen (Ekonomi Jarak Menengah), KA Sarangan relasi Surabaya Gubeng-Madiun (Bisnis), KA Cepu Express relasi Surabaya Turi-Cepu-Semarang Poncol (Lokal), KA Arjuna relasi Surabaya Kota-Madiun dan KA Madiun Jaya relasi Madiun-Yogyakarta merupakan KA yang dihapuskan.

Sebaliknya, lanjut dia, akan ada penambahan frekuensi perjalanan KA loopline Bogor-Manggarai-Jatinegara. Prasetyo menjelaskan pada Gapeka 2017 juga terdapat beberapa penambahan KA yaitu KA Ranggajati relasi Cirebon-Surabaya Gubeng-Jember (Eksekutif & Bisnis), KA Ambarawa Ekspress relasi Surabaya Turi-Semarang Poncol (Ekonomi AC), KA Bandara Internasional Minangkabau dan KA Commuter Bandara Soekarno-Hatta.

Adapun, kata dia, KA Cepu Ekspress, KA Arjuna dan KA Madiun Jaya dihapuskan karena ketidaktersediaan sarana (KRD). Untuk KA Cepu Ekspress dapat terlayani oleh KA Tawang Jaya rangkaian panjang.

"Waktu perjalanan juga mengalami perubahan dikarenakan oleh beberapa hal diantaranya perubahan lokasi pengisian air dan pergantian kru dan dengan jumlah KA yang bertambah seperti KA Eksekutif yang sebelumnya berjumlah 14 menjadi 16 KA di 2017," katanya.

"KA Sarangan dihapuskan karena memiliki okupansi yang rendah dan untuk relasi tersebut akan terlayani oleh KA Mutiara Selatan yang mengalami perpanjangan relasi sampai dengan Malang," katanya.

Adapun, kata dia, KA Cepu Ekspress, KA Arjuna dan KA Madiun Jaya dihapuskan karena ketidaktersediaan sarana (KRD). Untuk KA Cepu Ekspress dapat terlayani oleh KA Tawang Jaya rangkaian panjang.

"Kami harap Gapeka ini berjalan dengan baik dan lancar sehingga masyarakat pengguna moda kereta api dapat merasakan kenyamanan yang sesungguhnya dengan adanya KA Bandara yang terkoneksi dengan Commuter Line Jabodetabek," katanya.

Adapun penambahan dua KA Eksekutif tersebut yaitu KA Purwojaya yang dulunya merupakan KA kelas bisnis dengan relasi Gambir-Kroya-Cilacap.  Prasetyo mengatakan selain itu, Gapeka 2017 juga telah mengantisipasi rencana perpanjangan layanan KRL sampai dengan Rangkasbitung.

KAI Tambah Rute Baru di 2017, Cek Daftarnya | PT Rifan Financindo Berjangka

PT Rifan Financindo Berjangka


Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) 2017, Sabtu (7/1/2017), setidaknya ada 4 perjalanan kereta baru pada tahun ini.‎

PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus meningkatkan pelayanannya setiap tahun. Di 2017 ini, KAI berencana untuk mengoperasikan perjalanan kereta api dengan rute baru.

1. KA Ranggajati relasi Cirebon – Surabaya Gubeng – Jember (Eksekutif & Bisnis)
2. KA Ambarawa Ekspress relasi Surabaya Turi – Semarang Poncol (Ekonomi AC)
3. KA Bandara Internasional Minangkabau
4. KA Commuter Bandara Soekarno – Hatta.

Dalam GAPEKA 2017 itu disebutkan, KA Sarangan dihapuskan karena memiliki okupansi yang rendah dan untuk relasi tersebut akan terlayani oleh KA Mutiara Selatan yang mengalami perpanjangan relasi sampai dengan Malang.

Sementara untuk KA Cepu Ekspress, Kereta api Arjuna dan KA Madiun Jaya dihapuskan karena ketidaktersediaan sarana (KRD). Untuk KA Cepu Ekspress dapat terlayani oleh KA Tawang Jaya rangkaian panjang

Dalam GAPEKA 2017 itu, selain penambahan kereta api, juga terdapat pengurangan frekuensi dan penghapusan kereta api. Rute yang mengalami pengurangan frekuensi adalah KA Menoreh relasi Semarang Tawang – Pasar Senen (Ekonomi AC), KA Blora Jaya relasi Bojonegoro – Semarang Poncol (Lokal) dan KA Ciremai relasi Cirebon – Cikampek – Bandung (Eksekutif Bisnis).

Sedangkan KA Tegal Arum relasi Tegal – Pasar Senen (Ekonomi Jarak Menengah), KA Sarangan relasi Surabaya Gubeng – Madiun (Bisnis), KA Cepu Express relasi Surabaya Turi – Cepu – Semarang Poncol (Lokal), KA Arjuna relasi Surabaya Kota – Madiun dan KA Madiun Jaya relasi Madiun - Yogyakarta merupakan KA yang dihapuskan.