Terbaru

Pekerja RI Paling Bahagia Kedua di Asia

Urutan nomer satunya pekerja di Filipina | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Jakarta STC

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Jakarta STC

Sebanyak lebih dari 50.686 pekerja dari Asia, mengikuti survei mengenai tingkat kebahagiaan pekerja di Asia. Survei ini dilakukan pada akhir Agustus lalu, yang merupakan proyek bersama antara JobsDB dengan JobStreet di bawah naungan SEEK Asia, dengan mayoritas responden pekerja asal Indonesia.

Para responden mengaitkan survei tingkat kebahagiaan mereka dalam bekerja, dengan bagaimana hubungan mereka terhadap rekan kerja, reputasi perusahaan, kemudahan akses lokasi kerja dan kenyamanan tempat bekerja. Dari survei itu juga, dapat disimpulkan bahwa faktor utama yang membuat para pekerja Indonesia bahagia dalam bekerja adalah tempat kerja yang mudah diakses.

Optimisme dan kebahagiaan pekerja menjalankan profesinya, merupakan salah satu indikator penting untuk meraih kesuksesan. Terkadang, potensi diri tidak bisa keluar maksimal, karena tidak ada rasa bahagia dan ketulusan hati dalam bekerja. 

Dikutip dari survei tersebut, Rabu 2 November 2016, penilaian dilakukan berdasarkan skala 0-10, dengan poin 0 sebagai indikasi sangat tidak bahagia, dan poin 10 sebagai indikasi sangat bahagia. Hasilnya, Indonesia berada pada urutan kedua dengan nilai 6,16 untuk tingkat kepuasan bekerja di Asia di bawah Filipina 6,25, dan lebih unggul dari Thailand yang mendapatkan nilai 5,74

Hal lain yang perlu diwaspadai adalah 20 persen dari seluruh responden memiliki keinginan untuk meninggalkan pekerjaan yang sekarang dan mencari kebahagiaan mereka di tempat lain. 

Survei tingkat kebahagiaan pekerja Indonesia di Asia menunjukkan bahwa mereka adalah pekerja yang paling optimis dalam melihat prospek kerja mereka dalam kurun waktu enam bulan ke depan. 

Selain itu, yang menarik adalah hasil survei lainnya menunjukkan dua pilihan popular bagi pekerja di Asia, ketika ditanya bagaimana cara kalian meningkatkan kebahagiaan kerja? Jawaban popular mereka adalah, berhenti kerja dan coba pekerjaan baru. Sedangkan jawaban kedua, adalah peningkatan gaji.

Survei: Pekerja Indonesia paling bahagia di Asia | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Jakarta STC

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Jakarta STC


Hasil survei ini cukup menarik karena menyebut tingkat kebahagiaan pekerja Indonesia menjadi nomor satu di Asia. Hal ini menunjukkan bahwa mereka adalah pekerja yang paling optimis dalam melihat prospek kerja mereka dalam kurun waktu enam bulan ke depan.

obsDB bekerja sama dengan JobStreet.com di bawah naungan SEEK Asia melakukan survei pasar kerja online terkemuka di Asia. Lebih dari 50,686 pekerja dari Asia mengikuti survei mengenai tingkat kebahagiaan mereka dalam bekerja, dengan mayoritas responden pekerja asal Indonesia. Survei ini dilakukan pada akhir Agustus 2016.

Disi lainnya, pekerja asal Singapura menempati urutan terakhir dalam survei, dengan angka rata-rata 5,09. Rendahnya angka tersebut disebabkan oleh kurangnya pengembangan karir dan kesempatan promosi kerja, buruknya managemen perusahaan dan program pengembangan karir, serta tidak adanya tunjangan dan keuntungan yang menyebabkan menurunnya produktifitas dalam bekerja.

Para responden mengaitkan survei tingkat kebahagiaan mereka dalam bekerja dengan bagaimana hubungan mereka terhadap rekan kerja, reputasi perusahaan, kemudahan akses lokasi kerja dan kenyamanan tempat bekerja. Dari hasil survei tersebut dapat disimpulkan bahwa faktor utama yang membuat para pekerja Indonesia bahagia dalam bekerja adalah tempat kerja yang mudah diakses.

"Hal yang cukup menarik dari hasil survei lainnya adalah, kami berhasil menemukan dua pilihan popular bagi pekerja di Asia ketika ditanya bagaimana cara kalian meningkatkan kebahagiaan kerja?, jawaban popular mereka adalah berhenti kerja dan coba pekerjaan baru, jawaban kedua adalah peningkatan gaji," isi kutipan penelitian 

Hal lain yang perlu diwaspadai adalah 20 persen dari seluruh responden memiliki keinginan untuk meninggalkan pekerjaan yang sekarang dan mencari kebahagiaan mereka di tempat lain.

Indonesia di Peringkat Pertama, Dalam Kategori Pekerja Paling Optimis di Asia | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Jakarta STC

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Jakarta STC


Survei ini dilakukan pada akhir Austus 2016 sebagai proyek bersama antara jobsDB dengan JobStreet.com di bawah naungan SEEK Asia, pasar kerja online terkemuka di Asia.

Sebanyak lebih dari 50,686 pekerja dari Asia mengikuti survey mengenai tingkat kebahagiaan mereka dalam bekerja, dengan mayoritas responden pekerja asal Indonesia.

Para responden mengaitkan survey tingkat kebahagiaan mereka dalam bekerja dengan bagaimana hubungan mereka terhadap rekan kerja, reputasi perusahaan, kemudahan akses lokasi kerja dan kenyamanan tempat bekerja.

Berdasarkan skala 0-10, dengan poin 0 sebagai indikasi “sangat tidak bahagia”, dan poin 10 sebagai indikasi “sangat bahagia”. Indonesia berada pada urutan kedua dengan nilai 6,16 untuk tingkat kepuasan bekerja di Asia dibawah Filipina 6,25.

Dari hasil survey tersebut dapat disimpulkan bahwa faktor utama yang membuat para pekerja Indonesia bahagia dalam bekerja adalah tempat kerja yang mudah diakses.

Rendahnya angka tersebut disebabkan oleh kurangnya pengembangan karir dan kesempatan promosi kerja, buruknya management perusahaan dan program pengembangan karir, serta tidak adanya tunjangan dan keuntungan yang menyebabkan menurunnya produktifitas dalam bekerja.

Disi lainnya, pekerja asal Singapura menempati urutan terakhir dalam survey, dengan angka rata-rata 5.09.

Hal lain yang perlu diwaspadai menurut survey itu adalah 20 persen dari seluruh responden memiliki keinginan untuk meninggalkan pekerjaan yang sekarang dan mencari kebahagiaan mereka di tempat lain.

Jawaban popular mereka adalah berhenti kerja dan coba pekerjaan baru, jawaban kedua adalah peningkatan gaji.

Hal yang cukup menarik dari hasil survey lainnya adalah, jobsDB dan JobStreet.com berhasil menemukan dua pilihan popular bagi pekerja di Asia ketika ditanya bagaimana cara kalian meningkatkan kebahagiaan kerja?